RUMAH DEMOKRASI KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Minggu, 08 Mei 2016

Mahasiswa UPI Kunjungi Rumah Pintar Pemilu KPU RI

Jakarta, kpu.go.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Rabu (4/4) mendapat kunjungan dari Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat. Mahasiswa yang tergabung dalam Protokol Bumi Siliwangi (Probumsil) UPI ini diterima langsung oleh Komisioner KPU RI, Fery Kurnia Rizkiyansyah di Ruang Sidang Utama KPU.

Dalam kesempatan kali ini, peserta diberi waktu untuk melihat Rumah Pintar Pemilu yang ada di lingkungan KPU RI. Sedikit berkelakar, Fery mengatakan bahwa ia merasa tidak perlu menjelaskan apa-apa tentang pemilu karena peserta telah mengunjungi rumah pintar pemilu tersebut.

“Teman-teman sudah diajak ke rumah pintar pemilu, ya? Sebenarnya saya tidak perlu
menjelaskan apapun terkait dengan aktivitas pemilu,” Ujar Fery saat membuka acara.

Fery menjelaskan bahwa dalam Rumah Pintar Pemilu para peserta dapat melihat aktivitas dan proses pemilu dari tiap tahapan dari mulai pemilu 1955 hingga pemilu 2014. Dalam Rumah Pintar Pemilu hal-hal terkait sejarah, mekanisme dan hal teknis tentang pemilu digambarkan secara komprehensif dalam sebuat maket diorama kecil.

Namun begitu, Ferry tetap memberikan materi tentang pemilu dan demokrasi. "Proses pemilu itu adalah satu sarana/wadah dalam sebuah mekanisme demokrasi untuk memilih satu pemimpin dalam kurun waktu tertentu dan dilaksanakan secara beradab,"jelas Fery.

“Bentuk kanalisasi konflik yang ada dimasyarakat, bentuk untuk menyuarakan aspirasi masyarakat, bentuk untuk menyalurkan siapa pemimpinnya itu lewat mekanisme yang namanya pemilu”jelas Fery.

Setelah paparan dari Anggota KPU, Acara ditutup dengan saling bertukar cenderamata dan berfoto bersama. (ftq/red FOTO KPU/dosen/Humas)